Gadget untuk anak? Boleh saja kalau butuh, tapi…

Melanjutkan acara di Bandung pada Oktober lalu, Moms Circle Parenting dan PermataBank kembali mengadakan obrolan santai dan aktivitas seru dengan tema yang sama, Keluarga Anda vs Gadget, Bagaimana Mengasuh Anak di Era Digital. Kali ini acara diadakan di The Apartment, Jakarta. Menjawab pertanyaan dari Nessi Purnomo, psikolog yang menjadi pembicara di acara tersebut, sebagian besar mama mengaku menjadi pengguna gadget, bahkan ada yang menggunakannya hingga lebih dari 12 jam per hari. Aha, kalau begitu tak heran ya jika si kecil juga suka sekali menggunakan gadget.

Seorang mama bertanya, “Saya dan suami yang memperkenalkan gadget pada si kecil yang berusia 3 tahun, bahkan suami membelikan android untuk anak kami dengan alasan ia bertugas di luar kota dan tak mau ketinggalan momen perkembangan si kecil. Sekarang si kecil selalu ingin bermain dengan gadget. Salahkah saya?”

Kalau memang Anda dan si kecil membutuhkannya, tidak apa-apa memberi gadget pada anak. Tapi Anda harus bisa menetapkan peraturan dan membatasi penggunaannya. Misalnya, katakan bahwa ia boleh menggunakan gadget selama 30 menit. Jika waktu yang Anda tetapkan sudah habis, maka ia harus mematikannya tak peduli ia merengek minta diberi waktu lebih. Demikian menurut Nessi.

Satu hal yang sebaiknya mama lakukan adalah aktif mengalihkan perhatian si kecil dari gadgetnya. Misalnya dengan mendongeng. Maka dari itu di acara ini Nessi meminta para mama untuk membuat kelompok dan membuat sebuah dongeng yang diperagakan di depan semua peserta. Ternyata para mama sangat kreatif dalam membuat dan memeragakan dongeng, wah mulai sekarang sebaiknya sering-sering mendongeng untuk si kecil, ya, Ma!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia