Anak Dekat dengan Adik Baru

Memiliki adik baru bisa menjadi pengalaman menyenangkan dan menakutkan bagi anak. Maka itu, coba kenalkan kakak pada adik secara perlahan untuk menghindari sibling rivalry.

Bila jarak usia kakak dengan adik hanya 18 bulan-2 tahun, kemungkinan terjadi sibling rivalry cukup tinggi. Nah, untuk mengurangi sibling rivalry, lakukan terus komunikasi dengan kakak. Beri pengertian tentang sosok adik, sejak adik masih dalam kandungan. Hal ini juga membuat anak merasa ikut serta saat tumbuh kembang adik.

Ketika adik akan lahir, buatlah pertemuan pertama mereka terasa mengesankan bagi anak. Sebelumnya ajak calon kakak untuk membelikan hadiah. Kakak bisa memberikan pada adik saat mereka pertama kali bertemu. Setelah anak  berkenalan dengan adik, minta kakak mengajak menyapa adiknya.

Tunjukkan juga pada anak bahwa Anda mencintai kakak dan adik secara setara, dan ungkapkan juga bahwa adik pun sayang padanya.

Bila kakak menunjukkan rasa cemburu, terus lakukan pendekatan dengannya, Ma. Jangan sampai ia makin merasa tersisihkan setelah adik pulang ke rumah.

Bagi Mama, jangan merasa bersalah bahwa pandangan Anda untuk tiap anak berbeda, karena tiap anak adalah individu yang unik. Tambahlah wawasan Anda mengenai perasaan yang akan dirasakan anak Anda saat adik lahir dengan membaca-baca buku atau berdiskusi dengan mama lain yang memiliki pengalaman yang sama.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia