Berikan Anak Contoh, Bukan Hanya Teori

Anak suka mencontoh kebiasaan yang dilakukan oleh kedua orang tuanya, termasuk perilaku makan.

Seorang peneliti dari Michigan State University’s College of Nursing, Mildred Horodynski, mengatakan bahwa, salah satu cara untuk mendorong anak makan lebih sehat adalah mengubah perilaku makan orangtuanya.

Jika Mama dan Papa terbiasa mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, biasanya anak akan mengikuti. Orang tua menjadi contoh utama bagi anak dalam mengadopsi segala sesuatu yang mereka lihat dan dengar. Sama saja seperti gadis kecil yang suka menggunakan peralatan make up Mamanya karena sering melihat Mamanya berdandan.

Sebagai orang tua, menjadi contoh yang baik bagi anak bukanlah sekadar memberikan teori tentang apa yang baik dan menyuruh anak untuk melakukannya. Jika orang tua ingin anaknya terbiasa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sejak dini, maka orang tua tidak hanya menghidangkannya, tapi juga ikut memakannya bersama-sama dengan anak.

Biasakan menunjukkan pada anak bahwa Anda juga mengonsumsi buah-buahan sebagai pengganti camilan. Selain makan sehat, Mama atau Papa juga perlu mengajak anak beraktivitas di luar rumah, misalnya bermain bola di halaman atau bersepeda sore, agar tubuh anak aktif bergerak serta segar dan bugar.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia