Gangguan Mulut Saat Gigi Bayi Tumbuh

Saat gigi anak sedang dalam proses bertumbuh, ada beberapa gangguan mulut yang bisa terjadi. Gangguan mulut tersebut di antaranya:

1.     - Candidiasis

Candidiasis adalah infeksi jamur pada lidah bayi yang biasanya terjadi pada batita. Candidiasis ini disebabkan oleh sisa susu atau makanan pada lidah yang tidak dibersihkan. Pertumbuhan jamur juga akan lebih rentan terjadi jika daya tahan tubuh batita rendah.

Tanda-tanda candidiasis adalah adanya bercak putih yang menebal dan disertai rasa panas pada lidah. Di samping itu, bayi merasa gelisah dan asupan makanan/ minuman tidak seperti biasanya.

Nah, cara mencegahnya cukup mudah kok, ma. Bersihkan lidah bayi secara rutin dengan kain kassa atau sikat lidah, atau memberikan obat antijamur pada lidah.

2     - Karies Botol (Nursing Bottle Caries/ Earlier Childhood Caries)

Karies botol adalah berlubangnya gigi pada usia dini yang disebabkan kebiasaan minum susu botol, terutama pada malam hari. Biasanya pada saat gigi seri atas telah tumbuh, karies botol ini terjadi.

Gejala awalnya ditandai dengan adanya bercak putih keruh pada gigi yang berlanjut menjadi kuning kecoklatan yang disertai hilangnya permukaan gigi. Setelah itu bisa menjadi kehitaman dan gigi geripis. Gejala ini biasanya mengenai gigi seri atas terlebih dahulu dan bila berlanjut, akan mengenai semua gigi susu.

Membiasakan anak di atas usia 1 tahun untuk minum susu dari gelas serta menyikat gigi pagi dan malam adalah cara mencegah timbulnya gigi berlubang. Menyikat gigi masih menjadi tanggung jawab orang tua sampai anak berusia 6 tahun karena anak belum dapat membersihkan gigi secara optimal sampai umur tersebut.

Selain itu, orangtua juga harus membiasakan memberikan anak asupan gizi yang baik (tidak banyak mengandung gula) dan tidak mengisi botol susu dengan minuman manis.

 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia