Kenalkan Bayi pada Air

Anak Anda yang usia bayi takut pada air? Hal itu wajar, Ma. Saat anak memasuki usia 15 bulan, biasanya rasa takut muncul karena anak cemas akan tersedot masuk ke dalam lubang pembuangan air dalam bak mandi.

Tapi, apakah Mama juga takut memandikan anak? Jika jawabannya iya,  coba pelajari caranya agar anak bisa menyukai air dan Anda merasa percaya diri saat memandikannya.

Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah mengajak anak masuk ke dalam bak mandi atau bathub. Masukkan juga mainan-mainan mandi barunya agar anak tertarik dan tidak takut. Bila ada bathub di kamar mandi, Mama juga bisa ikut bermain air bersama anak atau mandi bersama. Cara ini bisa meredakan rasa takut anak. Ajak suami juga untuk membantu menjaga anak. Hati-hati, Ma, kecelakaan bisa juga terjadi di kamar mandi.

Selain itu, Anda juga perlu melihat kondisi apakah anak merasa senang atau tidak. Jika tidak, usahakan tidak memaksa anak untuk mencuci rambut. Biarkan anak merasa nyaman terlebih dulu, setelah itu Mama bisa mencoba membasuh rambutnya lagi.

Bila belum berani di bak mandi atau bathub, Mama dapat mengenalkan anak pada air di tempat yang tidak terlalu besar, seperti wastafel atau baskom besar, agar anak dapat merasa nyaman saat mandi.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia