Manfaat Ajaib Pijat Bayi

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa itu pijat bayi dan bertanya-tanya apakah aman bagi bayi. Pijat bayi adalah gerakan lembut dan ‘berirama’ pada tubuh si kecil dengan menggunakan tangan. Gerakan tangan Anda itulah yang akan menstimulasi produksi oksitosin, yaitu hormone yang memberikan rasa hangat dan perasaan dicintai. Hasilnya, si kecil akan cenderung lebih kalem dan tidak rewel, frekuensi menangisnya berkurang, dan tidurnya jauh lebih nyenyak.

Waktu pijat favorit biasanya setelah bayi mandi atau sebelum tidur. Namun, para ahli mengingatkan beberapa hal penting. Pertama, jangan memijat ketika anak sedang dalam keadaan lapar, atau kenyang. Kedua, jangan dilakukan ketika dia sudah mengantuk. Jadi, waktu terbaik untuk pijat bayi adalah jeda setelah makan atau  sebelum jam tidurnya. Sementara itu, durasi pijatnya bisa bervariasi antara 10-30 menit. Yang penting, lakukan selama ia merasa senang dan menikmati. Jika bayi terlihat kurang nyaman saat dipijit, hentikan dan lakukan lagi lain waktu.     

Nah, di bawah ini adalah berbagai macam manfaat dari pijat bayi:

•    Membantu bayi bernapas secara teratur. Bayi terkadang memiliki pola inhale-exhale yang acak. Karena kulit adalah organ terluas dari tubuh manusia dan kaya dengan saraf, pijatan bisa membantunya bernapas lebih lega dan teratur.

•    Membantu menstimulasi hormon pertumbuhan. Penelitian yang dilakukan Touch Research Institute dari University of Miami menunjukkan, bayi prematur yang menerima 3 kali pijat (15 menit tiap pijat) setiap hari, dalam 5 hari bobot tubuhnya akan naik 53% dibanding bayi prematur yang tidak menerima pijat bayi.

•    Meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian terhadap bayi berusia 10 minggu menunjukkan, bayi yang punggungnya dipijat oleh mamanya lebih jarang mengalami flu dan diare. Pijatan akan memperkuat hormon dan sistem pencernaan.

•    Membantu menstimulasi perkembangan otak bayi. Sedikit sentuhan di wajah, dada, tangan, dan kaki membuat otaknya bekerja merasakan sensasi sentuhan yang berbeda-beda.

•    Membantu meringankan beberapa keluhan, seperti sinus, sakit saat pertumbuhan gigi, lendir di paru-paru, dan kaki-tangan dingin. Memijat bagian perut membantu menghilangkan kolik, sembelit, dan masuk angin.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia