Mengajarkan Waktu Tidur pada Bayi

Mama pasti merasa senang apabila bayi sudah bisa tidur kurang lebih 15 jam sehari sesuai durasi tidur normal pada bayi. Namun bagaimana bila anak malah tidur di pagi hari dan terbangun saat malam hari? Ini cara yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan anak tidur di waktu yang seharusnya, dan membuat Mama nyaman.

Pada pagi hari, biasakan anak bangun tidur di waktu yang sama, dan konsisten. Caranya, bawa angkat anak dari kasur, membuka jendela dan terus mengajak dia main sehingga sulit bagi anak terlelap lagi di pagi hari. Jika cuaca cerah, ajak anak berkeliling di luar rumah menggunakan kereta dorong.

Sore hari, kurangi waktu tidur dengan menaruh anak di bawah sinar matahari (di atas pukul 4 sore) yang masuk lewat jendela. Di atas usia 6 minggu, anak bisa dibiasakan tidur 5 hingga 10 menit lebih cepat dan bangunkan anak dari tidur yang terlalu lama.

Di malam hari, buatlah rutinitas sebelum tidur untuk anak seperti memandikan dan membacakan buku. Lakukan rutinitas tersebut di tempat yang sama, dan ciptakan kondisi nyaman, lampu remang dan usahakan tidak ada suara sama sekali yang dapat mengganggunya.

Jangan lupa untuk mencatat waktu tidurnya dan kapan anak bangun agar Mama dapat mengetahui apakah memiliki waktu tidur yang cukup atau bahkan terlalu banyak.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia