Persiapan Finansial Sekolah Anak

Sekolah terbaik untuk anak belum tentu sekolah yang mahal, kan, Ma? Jadi, berhitunglah dengan cermat. Bukan, bukan berarti Anda tak boleh memasukkan si kecil ke sekolah yang mahal.

Tapi, Anda disarankan untuk memilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jika di akhir perburuan sekolah Anda memiliki lebih dari satu sekolah incaran, masalah biaya ini mungkin bisa jadi senjata pamungkas untuk menentukan sekolah mana yang akan dipilih (tentu dengan tidak mengesampingkan suara si kecil, ya, Ma!).

Cari tahu total biaya yang harus Anda keluarkan untuk sekolah A, B, dan C, mulai dari uang masuk, formulir pendaftaran, uang kegiatan, sampai uang SPP. Uang SPP di sekolah A lebih murah? Jangan tergiur dulu, Ma. Coba tanya apakah uang SPP flat sampai si kecil kelas 6 nanti dan menanyakan kemungkinan biaya SPP naik dari tahun ke tahun.

Pakar keuangan Ligwina Hananto, dalam sebuah seminar, pernah menyampaikan bahwa jangan sampai uang menjadi penghalang antara si kecil dan cita-citanya. Mungkin sebagian mama mengartikan kalimat ini dengan pengertian bahwa orang tua harus menyediakan berapa pun biaya untuk pendidikan terbaik bagi si kecil. Tapi, maknanya tidaklah sesempit itu.

Tanggung jawab Anda sebagai orang tua terhadap pendidikan anak tidak hanya saat ini, ketika anak masuk TK atau SD. Masih ada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, SMP, SMA, dan kuliah. Anda harus memastikan si kecil mendapat pendidikan terbaik di semua jenjang tersebut sesuai dengan kemampuan Anda.

Yah, kalaupun saat ini Anda berpikir mampu memasukkan si kecil ke sekolah mahal, coba dipikirkan kembali apakah Anda yakin dengan kelanjutannya di tahun kedua, ketiga, dst? Dan, bagaimana dengan saudara-saudaranya yang lain, apakah bisa mendapatkan kenyamanan bersekolah yang sama?   

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia