Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Membidik Tujuan Bepergian Bareng Anak

(artikel ini diambil dari Ayahbunda.co.id)

Tak hanya anak yang antusias bepergian, para orang tua pun senang karena sekaligus dapat melepas kepenatan dari rutinitas. Syaratnya, tempat tujuan dan akomodasi sudah direncanakan sebelumnya. Apa saja yang perlu direncanakan?

Tempat tujuan dan akomodasi aman, nyaman dan bersih
Tempat tujuan bepergian bisa bermacam-macam, dari acara pesta, mal sampai tempat rekreasi. Tentu dengan cermat tempat tujuan, persiapan dan kegiatan jalan-jalan itu sendiri lebih mudah dilakukan. Tempat tujuan kepergian Anda dengan si anak haruslah aman dan nyaman. Alih-alih mendapat kesenangan, Anda malah jadi repot, anak pun tak dapat memperoleh manfaat kegiatan-jalan-jalan. Sebaiknya tempat tujuan berupa bangunan memiliki ruang gerak yang luas, terutama apabila anak Anda begitu aktif. Untuk lingkungan outdoor, perhatikan terutama kebersihan lingkungan. Dengan mempertimbangkan tempat tujuan terlebih dahulu, persiapan dan pengkondisian akan lebih mudah dilakukan.

Pilihlah tempat yang children friendly! Sebelum berangkat pastikan tempat tujuan adalah tempat yang cocok untuk membawa anak-anak. Antara lain ditandai dengan bebas polusi (suara, udara), memiliki area non-smoking, lebih baik jika memiliki nursery room, mempunyai toilet yang bersih.

Dengan kendaraan pribadi atau umum.  Penting dipikirkan sebelumnya, apakah Anda akan membawa kendaraan sendiri bersama anak atau menggunakan kedaraan umum, misalnya, taksi. Tentu saja menggunakan kendaraan umum lebih nyaman. Tetapi tak jarang Anda juga ingin lebih santai di akhir pekan atau liburan dan tak harus bawa kendaraan, sehingga dengan hanya memesan taksi Anda dapat menikmati perjalanan dengan anak dan lebih praktis karena tak perlu repot mencari tempat parkir. Tentu saja Anda harus memilih kendaraan umum yang juga aman dan nyaman untuk anak. Apapun kendaraan yang Anda pilih jangan lupa membawa carseat (bisa juga Anda membeli yang sekaligus menjadi satu dengan stroller, agar keselamatan si anak terjamin.

Pengkondisian sebelum bepergian. Ada anak-anak yang kemudian menjadi demikian excited sehingga di tempat tujuan perilakunya tak terkendali. Ada juga anak yang cenderung takut dengan tempat dan orang-orang asing sehingga menjadi rewel di tempat tujuan. Ada baiknya sebelum berangkat Anda menjelaskan tempat tujuan serta situasi yang mungkin akan dihadapi. Jelaskan pula rencana kegiatan Anda di tempat tujuan dari awal sampai akhir.

Jangan sampai terlalu lelah. Meskipun nampak antusias, namun selalu perhatikan ketahanan anak. Setelah melewati ambang rasa lelah biasanya anak menjadi lebih rewel dan sulit diajak berkompromi. Selain demi kenyamanan, memperhatikan ketahanan tubuh si kecil ini juga penting demi kesehatannya.

Ketrampilan khusus. Ajarkan anak ketrampilan untuk memperkenalkan diri dan mendatangi satuan pengaman atau pelayanan informasi di tempat tujuan, misalnya apabila Anda terpisah dari Anda. Kemungkinan terpisah ini biasanya terjadi dengan si prasekolah karena ia lebih aktif. Data penting yang perlu diajarkan adalah mengingat nama lengkap diri, orang tua, alamat serta nomor yang dapat dihubungi.

Senantiasa ingatkan si balita agar tidak bicara kepada orang asing. Ajarkan pula agar si kecil tak tergiur diiming-imingi sesuatu untuk diajak pergi. Tentu saja kita tak menginginkan anakl jadi korban penculikan atau tindakan kriminal lain, tapi pada kenyataannya, orang-orang tak bertanggung jawab senantiasa ada di sekitar kita.


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+