10 Fakta Car Seat (Part I)

Tabrakan yang terjadi saat mobil melaju pada kecepatan 50 km/jam akan menyebabkan penumpang terlempar dengan kekuatan hingga 60 kali berat tubuhnya. Nah, car seat (dan juga sabuk pengaman) berfungsi menahan tubuh agar tidak mengalami hal tersebut. Berikut beberapa fakta menarik mengenai car seat: 


1. Car seat adalah kursi yang digunakan di dalam mobil. Umumnya terbuat dari bahan yang tidak mahal, namun kuat, agar ‘tahan banting’ pada situasi buruk sekalipun.


2. Data National SAFE KIDS Campaign di Amerika menunjukkan, car seat menurunkan angka kematian balita hingga 71% dan mengurangi angka rawat inap anak-anak usia 4 tahun ke bawah hingga 69%.


3. Data penelitian yang sama juga menunjukkan, 88% anak meninggal akibat tekanan airbag saat kecelakaan karena duduk di kursi penumpang depan, tidak menggunakan car seat yang menghadap belakang, atau tidak memakai sabuk pengaman dengan benar.


4. National SAFE KIDS Campaign di Amerika juga menemukan, 75% kecelakaan terjadi dalam radius 25 mil (40 km) dari rumah tinggal serta 60% kecelakaan terjadi dalam wilayah dengan batasan kecepatan rendah. Mungkin pada jarak dan kecepatan ini, pengemudi cenderung meremehkan potensi terjadinya kecelakaan.  


5. Meskipun kursi untuk anak di dalam mobil mulai diproduksi tahun 1930 dan bertujuan untuk kenyamanan si kecil, baru pada tahun 1962 kursi untuk keselamatan anak berkendara ditemukan oleh Leonard Rivkin di Amerika.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia