10 Fakta Car Seat (Part II)

Tabrakan yang terjadi saat mobil melaju pada kecepatan 50 km/jam akan menyebabkan penumpang terlempar dengan kekuatan hingga 60 kali berat tubuhnya. Nah, car seat (dan juga sabuk pengaman) berfungsi menahan tubuh agar tidak mengalami hal tersebut. Berikut beberapa fakta menarik mengenai car seat: 


6. Dalam mendesain mobil, produsen otomotif biasanya mempertimbangkan banyak hal, termasuk penempatan car seat yang paling aman.


7. Berdasarkan standar PBB, ada 5 kategori standar keselamatan car seat berdasarkan berat anak, yakni kode group 0, 0+, I, 2, dan 3, untuk anak usia 0 – 12 tahun. Pilihlah sesuai kebutuhan anak, Ma! 


8. Car seat maupun booster seat (kursi ‘ganjalan’ untuk anak-anak yang tingginya belum mencukupi untuk mengenakan sabuk pengaman dalam posisi ideal) memiliki tanggal kadaluarsa. Rata-rata adalah 6 tahun sejak tanggal produksi (bukan tanggal beli). Kalau sudah kadaluarsa, harus diganti, ya. 


9. Seperti halnya helm motor, car seat dirancang untuk menghadapi 1 kali kecelakaan saja. Jadi, tidak direkomendasikan untuk membeli car seat bekas, terutama bila tanggal pembuatan maupun sejarah pemakaiannya tidak diketahui benar.


10. Berdasarkan undang-undang, car seat yang dijual dan digunakan di Australia harus mengikuti standar AS/NZ1754, yang bisa diketahui berdasarkan sticker yang tertera pada produk. Car seat tanpa sticker tersebut, termasuk produk yang buatan Inggris maupun Amerika sekalipun, termasuk kategori ilegal. 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia