5 Permainan dengan Bola

Bola adalah alat bermain seru yang sederhana. Kalau selama ini Anda hanya mengajak anak bermain menendang dan melempar-tangkap bola, sekarang Anda bisa berkreasi dengannya.

Bola Kaki. Gunakan bola plastik berukuran besar. Semua pemain rebah di lantai dengan kedua kaki diangkat. Tahan bola dengan kedua kaki dan usahakan mengopernya ke pemain di sebelah. Nikmati serunya memindahkan bola dengan kaki dan ketika bola terjatuh. Permainan ini juga membantu mengasah koordinasi dan ketahanan otot anak. Bisa dilakukan di dalam rumah atau di halaman rumput di taman beramai-ramai.

Hias dan Hapus. Untuk menyibukkan anak selama Anda bekerja, berikan ia bola pantai dan spidol yang bisa dicuci. Biarkan anak menggambar pada bola sesuka hati, lalu ajak ia ‘mandikan’ bola hingga bersih. Jika ia mau, ia bisa menggambar bola itu lagi setelah dicuci. Jangan lupa beri pujian pada anak ketika ia menunjukkan hasil karyanya ya, Ma.
 
Bola Handuk. Permainan ini dilakukan secara berpasangan. Setiap pasangan memegang handuk, satu pemain di setiap ujungnya. Gunakan bola yang ringan untuk dilempar menggunakan handuk. Pasangan lawan berusaha untuk mengembalikan bola juga dengan handuknya. Hitunglah berapa kali bola terlempar ke setiap sisi sebelum ia jatuh ke lantai.
 
Bola Sulap. Ajari anak Anda trik ini untuk menghibur teman dan kerabat: Katakan pada ‘penonton’ kalau jari-jarimu punya kemampuan istimewa. Letakkan bola pingpong di meja dan gerakkan jari-jarimu dengan heboh. Tanpa disentuh, bola pingpong menggelinding di meja. Rahasianya, saat penonton sedang terkesan dengan gerakan jari-jarimu, tiuplah bola perlahan, tanpa menggerakkan bibir.  

Bola Virtual. Di laman gratis miniclip.com terdapat bagian ‘kid games’ dan Mama bisa menemukan beberapa games bola menarik. 3 permainan favorit : Monkey Kick off, Table Tennis dan Bunch. Hati-hati, nanti Mama juga ikut kecanduan permainan ini! (Penulis: Fina Khairaty/Foto: dok. Feminagroup)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia