Anak di Day Care
Apakah Mama & Papa mau menitipkan anak di day care?
Mau
Masih dalam pertimbangan
Tidak mau

5 Trik Agar Anak Suka Makan Ikan

Ikan sangat baik dikonsumsi si kecil, sebab kaya akan berbagai zat gizi yang dibutuhkannya untuk tumbuh kembang. Misalnya, asam lemak omega-3 dalam ikan, seperti salmon, bisa meningkatkan daya kerja otak anak. Bahkan, beberapa jenis ikan kaya vitamin D.

Itu sebabnya mengapa para pakar selalu mendorong agar anak (dan juga Anda!) makan ikan yang sebanyak-banyaknya! Plus, American Academy of Pediatrics mengatakan, ikan amat baik untuk anak di bawah usia setahun.

Studi menemukan, bayi yang makan ikan sebelum usia 9 bulan akan berkurang risikonya terkena eksim. Tentu saja, pastikan Anda mencoret jenis ikan yang tinggi merkuri dalam daftar menu sehari-hari, seperti hiu, king mackerel, dll).

Berikut cara membuat anak suka ikan:

1. Pilih-pilih jenis ikan. Pastikan ikan yang akan dimakan si kecil tidak banyak duri. Sekali trauma terhadap duri ikan, anak akan langsung menolak makan ikan apapun.

2. Jaga agar tetap lembab. Memasak ikan, terutama yang berdaging putih, dengan sedikit air atau kaldu akan membuatnya matang secara menyeluruh (tanpa menjadi kering!), kata Annabel Karmel, penulis buku Top 100 Baby Purees.

3. Dicampur saja. Coba versi makanan ramah anak ala Erin Patterson, pendiri Smallbitesonline.com: Keringkan dan masukkan potongan tuna ke dalam panci, lalu tambahkan saus tomat favorit keluarga. Panaskan, dan taruh di atas pasta.

4. Siapkan celupan. Sajikan potongan ikan kecil-kecil (bite-size) dengan saus tomat, saus tartar, atau mustard.

5. Selipkan dalam camilan. Campurkan ikan dengan mayonnaise, lalu oleskan pada whole-grain cracker. Sehat dan enak! - Maura Rhodes


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+