6 Ekspresi Cinta Anak

Coba cermati ekspresi anak Anda. Jika anak melakukan ini, tandanya anak menyayangi Anda.


1. Dia tahu siapa Anda

“Dalam waktu beberapa minggu saja, bayi sudah mengenal orang yang mengasuhnya, dan cenderung lebih menyukainya dibandingkan orang lain,” kata Alison Gopnik, Ph.D., penulis buku The Philosophical Baby dan profesor di bidang psikologi dari University of California, Berkeley. 


Uniknya, salah satu cara bayi mengenali diri sang pengasuh adalah melalui indra penciuman! Buktinya, dalam suatu penelitian, bayi diberikan dua buah breast pad (lapisan pada bra untuk menahan aliran ASI) yang sudah digunakan. Dan, salah satu diantaranya merupakan milik mamanya. Ternyata, bayi bisa  mengenali aroma ASI mamanya!


2. Dia senang mencari perhatian Anda

“Kira-kira pada usia sebulan, bayi mulai bisa merespon ekspresi wajah mamanya. Dan, tanpa pikir panjang lagi, mama akan langsung membalasnya lagi,” kata Gopnik. Jenis ekspresi yang dimaksud di sini adalah senyuman, tatapan sayang, dan juga curi-curi pandang. Permainan lucu yang mirip-mirip flirting ini ampuh untuk mempererat jalinan emosi Anda dengan si kecil. 


3. Mulai punya benda favorit

Pada usia satu tahun, biasanya anak-anak memiliki sebuah benda favorit. Misalnya, boneka atau selimut. Menurut Gopnik, benda favorit ini bisa diartikan sebagai benda “transisi”, yang mencerminkan diri Anda dan rasa sayang Anda padanya. Makanya, jangan heran, bila si kecil akan menjerit histeris bila Anda merenggut benda kesayangannya itu dari pelukannya (meski hanya untuk dicuci selama satu jam saja). “Benda itu mencerminkan cinta Anda padanya. Kalau sampai hilang, anak benar-benar merasa kehilangan cinta Anda,” kata Gopnik.


4. Dia akan pergi menjelajah, dan kembali lagi pada Anda

Anda akan mulai mendapat sinyal ini ketika si kecil sudah bisa merangkak. Keterampilan baru ini amat disukai anak Anda, karena memungkinkan dirinya menjelajahi lingkungan sekitar tanpa bantuan orang lain. “Meski sudah bisa 'berjalan-jalan' sendiri, dia tetap membutuhkan Anda, mamanya. Itu sebabnya mengapa begitu mulai merasa tidak nyaman, si kecil akan buru-buru berbalik sebesar 180°C dan kembali merangkak pada Anda.


5. Dia tidak mau menerima pengganti Anda

Kadang-kadang, pada usia 9 - 15 bulan, si kecil akan menganggap bahwa hanya mamanya yang paling layak diajak bermain bersama. Makanya, jangan heran kalau anak Anda akan mengamuk atau mengusir orang lain yang ingin ikut-ikutan beraktivitas dengannya. “Meski tidak mau menerima orang lain, kadang-kadang posisi mama bisa digantikan oleh nenek, ayah, ataupun orang lain yang cukup sering menghabiskan waktu bersamanya atau paling banyak membantunya memenuhi kebutuhannya,” ujar Gilkerson. 


6. Dia panik ketika Anda pergi

Pada usia 1 - 3 tahun, si kecil akan menunjukkan sikap kecewa dan resah bila berpisah dari Anda. Juga, dia akan berteriak gembira ketika bertemu kembali dengan Anda. “Sikap gelisah menghadapi perpisahan ini menandakan kalau si kecil tahu bahwa orang yang mereka cintai itu berbeda dengan orang lain. Tapi, dalam waktu yang bersamaan, dia juga mulai belajar, seseorang atau suatu benda tidak berarti menghilang selamanya ketika dia tidak melihatnya,” kata Gilkerson.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia