Agar Anak Tidak Manja

Inilah beberapa hal yang bisa membantu Mama untuk kembali memegang kendali agar anak tidak manja:

• Masalah: Anak ingin membeli balok-balok kayu di rak mainan--sekarang juga!

Solusi: Sah-sah saja untuk mengatakan tidak dan membiarkan anak menangis sekeras-kerasnya, kata Don MacMannis, Ph.D, salah satu penulis dari How’s Your Family Really Doing?  Tawarkan hadiah berupa sesuatu yang disukainya (bukan uang, ya, Ma).

“Mama tahu ini kalau susah untuk kamu. Namun, semakin cepat kita selesai belanja, semakin cepat pula kamu bisa main di tempat main favorit kamu.”

• Masalah: Anak sedang berjuang memakai baju, tapi Mama sudah terlambat kerja.

Solusi: “Orang tua tidak ingin melihat anaknya merasa frustrasi,” tutur Brandi Davis, parenting coach dan penulis O.K. I’m a Parent. Now What? Tapi, sebelum mama membantunya, tanyalah pada diri sendiri,

“Apakah ini sesuatu yang anak bisa lakukan sendiri, meski hasilnya belum sempurna?” Bantulah mengancingkan beberapa kancing untuknya, lalu biarkan dia melakukan 2 kancing terakhir sendiri.

Dengan anak yang lebih kecil, misalnya, letakkan 5 buku di rak. Berikan 2 buku padanya, dan biarkan ia menaruhnya sendiri.

• Masalah: Mama memintanya untuk mengambil mainan, namun dia malah melemparkannya di lantai.

Solusi: Jangan abaikan perilaku buruk anak, tapi jangan juga terlalu keras memaksanya mematuhi aturan Anda. Tawarkan pilihan antara bekerja sama atau menerima akibat dari perbuatannya. Misalnya, “Kamu bisa mulai mengambil semua mainan kamu atau kamu boleh pergi ke kursi di pojok kamar kamu.”

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia