Ajak Balita Menikmati Buku

Orang tua umumnya menginginkan anaknya pandai dan gemar membaca. Untuk mengajarkan anak ‘menikmati' buku, yang perlu Anda lakukan adalah membantu mereka membentuk hubungan emosional yang baik dengan kegiatan membaca.

Menurut Brian Caswell, ahli pendidikan dari Australia sekaligus Direktur Riset dan Pengembangan Program dari lembaga pendidikan MindChamps, tujuan membaca adalah untuk :
• Menciptakan hubungan emosional dengan konten dalam buku

• Mencintai dan mengerti bahasa yang sedang dibaca

• Menggabungkan apa yang kita baca dengan pemahaman yang sudah kita miliki.
 
Agar ketiga hal tersebut tercapai, Anda tak perlu memaksa balita menghafal huruf dan kosa kata, karena cara itu sering kali membuat anak tertekan dan justru membuatnya enggan membaca.

Ajak saja ia membaca bersama dan lakukan role play terhadap buku yang sedang dibaca, kemudian tanyakan kembali pendapat anak tentang isi buku cerita yang Anda baca bersamanya. Hal ini bertujuan agar kegiatan membaca lebih interaktif dan anak bisa merespon secara aktif.

Tak perlu lama-lama, kok, Ma, membaca bersama balita Anda. Hanya 10 menit pun sudah cukup, yang penting ia merasa senang ketika membaca bersama sehingga di kemudian hari ia akan mengasosiasikan rasa senang itu dengan kegiatan membaca.

Jangan kaget, ya, jika nanti si kecil makin sering minta dibacakan buku dan bahkan ingin membacakan buku ceritanya untuk Anda. Itu artinya ia mulai gemar membaca.

Baca juga: Ajari Anak Kritis Membaca

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia