Ajari Anak Proses Perputaran Uang

Agar anak mengetahui konsep uang lebih baik, coba mengenalkan proses perputaran uang kepada mereka, menurut Ligwina Hananto, Financial Planner dan Co-Founder dari QM Financial.


Setelah ia mengerti darimana mama dan papanya mendapatkan uang (yang ternyata dari hasil bekerja, bukan mesin ATM), hal lain yang perlu anak mengerti adalah tentang menyimpan uang di bank. 


“Sulit bagi Azra saat saya pertama kali mengajaknya menabung di bank. Anak-anak terbiasa untuk melihat bentuk uang yang terlihat. Mereka susah memahami bahwa saat disimpan di bank, uang mereka hilang meski sebenarnya masih tetap ada,” kata Ligwina mengisahkan pengalamannya.


Coba jelaskan kepada anakbahwa petugas teller di bank adalah orang yang akan menjaga uang anak, bukan mengambilnya. Perlihatkan juga bukti buku tabungan yang mencantumkan jumlah tabungan anak. Nantinya, bila memang dibutuhkan, anak tetap bisa menggunakan uangnya dengan mengambil uang tunai dari ATM atau menggunakan kartu debit. Dari sini, anak akan mengerti dari mana uang di mesin ATM berasal, dan bagaimana cara kerja kartu debit dan kredit.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia