Ajari Batita Kenali Bagian Tubuh

Batita memang senang saat mereka tidak pakai baju atau telanjang, karena itulah cara mereka mengenal dan mempelajari tentang tubuhnya. Tapi, akan tiba saatnya kelak ketika orang tua berpikir: “Apakah tidak apa-apa anak saya masih tetap telanjang di depan orang lain?”

Beberapa hal berikut mungkin bisa Anda jelaskan padanya:
- Ada saat dan tempat yang tepat untuk telanjang. “Sebelum mandi, atau beberapa saat sebelum berpakaian, kamu boleh tidak pakai baju. Tapi sesudah itu, kamu harus berpakaian.”

- Ada batasan mengapa orang tidak boleh telanjang di depan umum, yaitu untuk menghargai orang lain dan menghormati tubuhnya sendiri. “Kalau melihat kamu telanjang, orang bisa menjadi malu. Jadi, kalau ada orang lain, kamu harus pakai baju.” Atau, “Di kamar bermainmu, kamu boleh saja bermain tanpa baju. Tapi di keluarga temanmu, bisa saja aturannya berbeda. Jadi, kamu perlu membiasakan diri bermain dengan baju yang pantas.”

- Pakaian untuk kesehatan. “Pakaian akan melindungi tubuhmu dari gigitan semut. Kamu tidak ingin tubuhmu merah-merah atau gatal-gatal, kan? Jadi, berpakaianlah. “

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia