Ajarkan Anak Konsep Lapar-Kenyang

Pada masa ini juga anak-anak mengembangkan kebiasaan makannya yang akan mempengaruhi relasi mereka dengan makanan nantinya. Memang susah makan adalah masalah yang umum yang dikeluhkan para orangtua, tapi ada kok tips membantu si kecil membentuk relasi sehat dengan makanan.

Menurut dr. Grace Judio-Kahl, M.Sc, M.H, CHt, Konsultan Berat Badan dari Shape-Up Indonesia, perilaku makan anak tidak terlepas dari perkembangan psikologis anak. Pada usia 2-3 tahun misalnya, anak sudah sadar akan ke-aku-annya, sudah mulai tahu bahwa ia punya kemampuan untuk mengontrol sesuatu dan selalu ingin mencoba kemampuan barunya tersebut, salah satunya caranya dengan berusaha mengontrol kebiasaan makannya. Makanya pada usia inilah biasanya muncul keluhan anak susah makan.

“Yang penting orangtua jangan cepat panik bila anak susah makan. Mama-papa harus bisa menyesuaikan perilaku makan anak dengan fase perkembangan dan pertumbuhannya. Pada usia 1-2 tahun secara fisik ada growth spurt, perkembangannya pesat sehingga selera makan anak tinggi dan mau makan banyak. Di usia 2-3 tahun, pertumbuhan fisik melambat, selain secara psikologis ia juga berusaha menegaskan otonominya, sehingga nggak heran selera makannya menurun dan anak sering menolak makan”.

Karena anak usia 2 tahun sudah bisa diajak berkomunikasi, dr. Grace menyarankan agar si kecil mulai dibiarkan punya kontrol atas perilaku makannya. “Coba tanya pada anak apakah ia lapar, katakan kalau si kecil merasa lapar agar bilang ke mama dan meminta makan. Boleh juga menggunakan contoh atau cerita, misalnya perut berbunyi keroncongan, katakan bahwa itu tanda lapar, tanda perutnya kosong dan minta diisi, jadi harus makan. Usahakan di usia ini si kecil belajar memahami konsep lapar dan kenyang”. Jadi kalau si kecil bilang sudah kenyang, tak perlu memaksanya menghabiskan makanan.

Selain itu, tak perlu khawatir jika si kecil hanya mau makan makanan yang sama setiap hari, memang demikian fase perkembangannya. Walau begitu tetap berikan ia aneka pilihan makanan sehat, ya, Ma.  

Photo: Foto Search

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia