Aktivitas Agar Makin Dekat dengan Anak

Dibandingkan ketika anak masih bayi, tentunya Anda tidak lagi sering memeluk, mencium, apalagi menyusuinya. Tapi meski begitu, Mama tetap mesti menemukan cara untuk tetap dekat dengan dirinya. Kalau tidak, bonding yang tercipta sejak dia masih bayi terancam luntur sedikit demi sedikit.

Kegiatan seperti membaca bersama dan bercanda, bisa sering-sering dilakukan untuk memelihara kedekatan Anda dengan anak. Berikut tip lain dari Tammy Gold, psikoterapis dan pemilik lembaga konsultasi Gold Parent Coaching di New York:

- Ajak ngobrol. Sambil berjalan-jalan, ajak anak menghitung berapa banyak mobil, pohon, benda berwarna merah, yang Anda lewati di perjalanan. Ajak pula dia mengobrol meski dia tidak menjawab dan pada akhirnya Anda mesti menimpali omongan sendiri.

Misalnya, “Fanny, tadi kita pergi ke tempat tante Siska, ya? (jeda) Iya betul! Terus, disana Fanny main sama siapa? (jeda) Iya, tadi Fanny main sama Patricia!” De-ngan cara ini, Anda akan membuat si kecil terbiasa mendengar alur percakapan dan mampu menerapkannya sendiri kelak.

-  Sebut nama sahabatnya. Jika anak sudah punya sahabat, sering-seringlah menyebut nama sahabatnya itu. Misalnya, sebelum dia tidur, Anda ucapkan, “Ayo bobo, sayang. Bryan dan Prita juga pasti sudah naik ke tempat tidur sekarang.” Ini akan menunjukkan pada si kecil bahwa Anda betul-betul memahami dirinya dan dunianya.

-  Berpelukan. Awali mimpi indahnya dengan pelukan hangat menjelang tidur. Ketika si kecil sudah memakai piyama, berganti-gantianlah dengan suami memeluknya erat-erat.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia