Aktivitas Ini Bisa Anak Lakukan Sendiri

Tahukah Ma, ada kalanya Anda harus membiarkan anak usia balita melakukan beberapa hal sendiri. Berikut ini aktivitas yang seharusnya sudah bisa dilakukan anak sendiri.

Meski anak agak frustrasi gara-gara mencoba keterampilan barunya, kekesalan yang dirasakannya tidak akan berlangsung lama, kata Rahil Briggs, Psy.D., director dari Healthy Steps Program pada Children’s Hospital di Montefiore, New York City, yang menjelaskan bahwa jenis ‘stres positif’ ini sangat penting bagi perkembangan anak.

Jadi, tarik napas dalam-dalam, tahan semua keinginan untuk ikut campur tangan, serta biarkan anak mengejutkan Anda. Dua hal si 2 tahun bisa (dan seharusnya bisa) lakukan

1. Makan sendiri. (Jadi, segera oper sendok padanya!) “Membiarkan anak 2 tahun makan sendiri akan membantu perkembangan keterampilan motorik halus dan kasar,” kata Briggs.

2. Menyikat gigi. Ia mungkin perlu sedikit dibantu, namun tidak seperti yang Anda bayangkan.

Tiga Hal anak 3 tahun bisa (dan seharusnya bisa) lakukan
1. Menggunting. Tentunya, dengan gunting khusus yang ramah anak alias childproof. “Percaya atau tidak, keterampilan untuk memotong dengan gunting adalah bagian dari penilaian beberapa perkembangan,” ujar Briggs.

2. Memakai celana. Yup. Tidak perlu mengejar-ngejar anak keliling rumah untuk memaksanya mengenakan celana. Ia bisa, kok, melakukannya sendiri.

3. Mengenakan kemeja. Mulailah dengan kemeja yang longgar dan berlengan pendek. Jangan lupa, berlatihlah untuk menemukan bagian depan kemeja dan lubang untuk kepalanya, lalu lubang lengannya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia