Anak Belajar Pup Sendiri

Salah satu tantangan yang harus dihadapi Mama yang memiliki anak batita adalah mengajari anak kemandirian di toilet. Jika sejak dini sudah dilatih toilet training, maka anak akan lebih mudah melakukannya sendiri, bahkan sebelum usia  3 tahun dia sudah diaper free. Bagaimana Anda bisa membantu batita cepat mandiri?

- Ciptakan kemudahan di toilet. Letakkan bangku kecil di depan kloset sehingga anak mudah menjangkaunya dan kakinya tidak menggantung saat duduk. Beri dudukan tambahan agar lubang kloset tidak kebesaran untuknya.

Letakkan juga bangku kecil di depan wastafel, untuk memudahkannya menjangkau keran air untuk mencuci tangannya. Simpan celana training di dekat kloset agar dia bisa mengambilnya sendiri.

- Tetapkan jadwal (sebelum main di luar, menjelang tidur, sebelum makan, dll) dan ajari dia step-by-step-nya. Saat jadwalnya tiba, ajak dia ke toilet, buka celananya, dudukkan di toilet, tunggu sampai dia pipis atau pup, bersihkan dan keringkan, pakaikan celana dan ajak cuci tangannya.

- Tiap kali jadwalnya tiba, buat ‘pengumuman’, seperti, “Sekarang waktunya pipis dan pup, ya.” Lama-lama, dia tidak lagi memerlukan pengumuman itu dan lebih menyadari kondisi tubuhnya, saat perlu ke toilet dia akan melakukannya sendiri.

- Kenakan anak baju yang nyaman dan mudah dilepas, seperti kaus T-shirt dan celana training.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia