Anak Bermain Kotor Itu Baik?

Semua yang dilihat akan anak sentuh, termasuk tanah becek yang menurut Anda menjijikkan. Yah…, Anda tak bisa mencegah anak untuk menyentuh apapun yang ingin diketahuinya. Tapi, tak usah khawatir, Ma. Sebuah penelitian yang dilakukan Patil Hospital di India menyebutkan bahwa sedikit kotor ternyata baik untuk anak. Kok, bisa?


Ternyata, paparan berbagai jenis mikroba dari tanah dapat membantu anak menjadi lebih kuat dan tahan penyakit. Sebaliknya, higienitas yang berlebihan justru akan menurunkan daya tahan tubuhnya, karena ia tak terpapar oleh beragam jenis bakteri.

Bermain lumpur atau tanah di luar ruangan juga akan membantu meningkatkan fungsi kognitif. Si kecil akan merasakan berbagai stimulasi yang berbeda, seperti rumput basah, embusan angin, batu kerikil yang kasar, hingga lumpur yang kotor. 

Kegiatan berkotor-kotor ini juga diketahui dapat membantu si kecil menjadi lebih santai dan tenang. Biasanya, mereka akan tertawa senang saat tubuhnya terciprat kotoran. Saat itulah, suasana hatinya membaik dan tingkat stres pun menurun.

Jadi, tak perlu memarahinya saat mendapati tubuh anak kotor oleh lumpur atau tanah. Yang bisa Anda lakukan adalah memberinya batasan kapan ia boleh bermain kotor, dan menjaganya agar ia kembali bersih setelah bermain kotor. 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia