Anak Main Taman Safari

Inti dari permainan ini sebenarnya adalah olahraga, Ma. Tetapi, tentu saja ‘kemasannya’ akan lebih menarik bila Anda menyajikannya dalam bentuk permainan pura-pura. Terlebih jika Anda memintanya untuk menirukan jenis hewan kesayangannya!


Siapa boleh ikut main? 

Batita dan balita yang sudah mampu mengikuti instruksi serta mengembangkan imajinasinya tentang binatang. Ssst… kakak yang sudah besar juga boleh ikutan, kok!


Alat yang dibutuhkan:

- Matras atau karpet

- Buku bergambar binatang untuk mencari inspirasi


Caranya: 

Tirulah sebanyak mungkin perilaku hewan sambil melakukan sejumlah gerakan olahraga dasar, misalnya:


-Pura-pura jadi gajah: Ajak anak membungkukkan tubuh hingga ujung jari tangan menyentuh jari kaki. Lalu, ayunkan tangan dan tubuh bagian atas Anda ke kiri dan ke kanan, menyerupai gerakan belalai gajah. 


- Pura-pura jadi kucing: Berbaring telungkup dengan kedua tangan terlipat menempel lantai di bawah dagu. Luruskan kedua kaki. Dengan mengangkat tubuh bagian atas, lakukan gerakan kayang meniru gerakan kucing yang sedang menggeliat. 


- Pura-pura jadi cacing: Bila merasa terancam, cacing akan membuat tubuhnya melingkar seperti donat, bukan? Nah, tirukan gerakan ini dengan mengajak anak meringkuk dan berjungkir balik ke depan. 


- Pura-pura jadi kepiting: Kepiting cenderung berjalan ke arah samping dengan gerakan tubuh cepat dan cekatan. Ajak anak menirukan langkah kepiting yang cepat itu sambil bergeser ke arah kanan dan kiri. 


Kata Mama: 

Pulang dari Ragunan melihat Kebun Binatang, Erica (3,5) antusias sekali diajak menirukan hewan-hewan yang tadi dilihatnya. Dia jadi hafal nama-nama hewan serta cirinya masing-masing. –Maharani Apriastuti (30), BSD


Splash!

Anak-anak yang tidak memiliki kebebasan bermain tidak akan berkembang menjadi anak kreatif. Acara permainan bebas memungkinkan otak menjalankan proses berpikir yang berkelok-kelok secara santai. Ini adalah cara terbaik untuk menstimulasi pikiran kreatif—Rex Jung, Ph.D., neuropsikolog klinis dari Mind Research Network di Albuquerque, Amerika.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia