Anak Nonton Ciuman di TV

Apa yang harus saya lakukan jika ada adegan ciuman di TV?

Anak menyerap apa pun yang mereka lihat dan dengar, baik di rumah, sekolah, saat ke rumah tetangga, ketika bertemu kerabat, dan juga dari TV. Masalahnya, TV memiliki daya tarik yang begitu dahsyat sehingga cukup banyak juga anak yang sepertinya tidak bisa lepas dari benda ini. Itu sebabnya mengapa orang tua harus selalu mendampingi si kecil ketika menonton TV.    
Begitu ada adegan ciuman, katakan saja kalau hal tersebut wajar dilakukan seseorang yang sedang menjalin kasih dengan pasangannya. Jelaskan juga hal ini juga merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan rasa sayang. Cara lain untuk mengekspresikannya adalah dengan berpelukan atau saling berpegangan tangan. Nah, mama juga melakukan hal serupa dengan papa. Mengapa? Karena mama dan papa saling menyayangi. Penjelasan seperti ini akan membuat anak memiliki konsep tentang hubungan yang baik, bahagia, dan sehat.

Lalu, bagaimana jika ada adegan seks? Untuk hal ini, diperlukan penjelasan yang lebih mendalam. Karenanya, carilah waktu yang tepat. Jelaskan pada anak bahwa hal tersebut hanya boleh dilakukan oleh seseorang yang sudah menikah. Mengapa? Seks adalah sesuatu yang suci dan pribadi. Nah, nilai-nilai inilah yang harus kita hormati.

Jadi, jangan lupa luangkan waktu untuk selalu mendampingi anak ketika menonton. Bila tidak bisa, usahakan ada orang dewasa lain yang ikut mengawasi si kecil. Bersikaplah tegas dan katakan kalau ciuman, misalnya, sebaiknya tidak dilakukan di depan umum. Seperti halnya seks, ciuman juga bersifat sakral.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia