Anak Tetap Nyaman Dirawat di RS

Ketika keadaan anak mengharuskan ia dirawat di rumah sakit, tentunya bukan hanya kita, sebagai orang tua, yang akan merasa khawatir, melainkan anak juga akan merasa cemas. Agar anak tetap merasa nyaman selama ia dirawat di rumah sakit, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, yang dapat Anda lakukan:

1.    Selalu dampingi anak. Pastikan selalu ada orang yang menemani anak di kamar rawatnya. Apabila Anda tidak dapat menemaninya selama 24 jam, mintalah bantuan anggota keluarga atau orang lain yang dipercaya untuk menjaga anak. Bila perlu, minta anak memilih sendiri siapa yang ia perbolehkan bersama dengannya selama ia dirawat.

2.    Rajin-rajin bertanya pada perawat mengenai apa yang dapat Anda lakukan selama menemani anak. Misalnya, menyuapi, mengganti pakaian anak, dll. Selain itu, tanyakan juga pada dokter tentang kondisi anak ataupun pemeriksaan apa yang akan dilakukan pada anak ke depannya. Jadi, Anda bisa memberitahu anak jika ia sewaktu-waktu bertanya.

3.    Pujilah anak setiap kali ia melakukan hal yang baik. Misalnya, saat anak berhasil melalui prosedur pemeriksaan yang sulit, mengantre dengan sabar, menghabiskan obatnya, dll. Dengan memberi apresiasi pada anak, ia akan merasa senang dan lebih bersemangat.

4.    Tetapkan berbagai aturan untuk rutinitas sehari-harinya pada saat ini. Misalnya, anak harus mandi pada jam sekian bersama perawat, dll.

5.    Batasi jumlah tamu. Anak memerlukan istirahat yang cukup. Oleh sebab itu, beritahukanlah kerabat dan teman-teman anak bahwa anak masih perlu beristirahat (tergantung kondisi penyakitnya).

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia