Apa Itu Amandel?

Mengapa dokter zaman dulu menyebut tonsil sebagai amandel? Ini karena bentuk tonsil bentuk memang seperti biji buah amandel ya, Ma. Ini dia info lainnya tentang amandel.

• Kata amandel berasal dari bahasa belanda. Di Indonesia, kata ini dipakai untuk memberi julukan pada dua buah kelenjar di mulut yang dalam bahasa kedokterannya disebut tonsil.

• Apakah tonsil itu? Semua manusia memiliki tonsil, sehingga kita tidak bisa memakai pernyataan “Anak saya kena amandel.” Tonsil atau amandel bukan penyakit.

• Tonsil merupakan bagian dari sistem getah bening, yakni sistem yang merupakan bagian dari benteng daya tahan tubuh. Jadi, saat kita common cold atau flu, tenggorokan terasa nyeri dan tonsil agak membengkak.

• Balita, khususnya batita, sering mengalami ISPA dan penyebabnya adalah virus. Biasanya, ditandai oleh demam, ingus, batuk, tenggorokan, serta tonsil yang lebih merah dari biasanya, sakit, dan bengkak. Karena seringnya balita mengalami ISPA, tonsil mereka umumnya agak membesar. Sejalan dengan bertambahnya usia, daya tahan tubuh semakin matang dan anak semakin jarang sakit (misalnya di usia 6-7 tahun ke atas).

• Di atas usia 10 tahun, biasanya tonsil mengempis dengan sendirinya. Adakah tonsil yang kecil? Tentu saja ada. Bayi baru lahir dan anak besar atau orang dewasa, tonsilnya kecil karena jarang sakit. (Foto: dok. Feminagroup.)



 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia