Atasi Anak Mabuk Perjalanan di Mobil

Anak sering mabuk perjalanan saat berpergian dengan mobil? Anak bisa terhindar dari motion sickness atau mabuk perjalanan. Caranya?


Lakukan beberapa persiapan pra perjalanan. Misalnya, bicarakan rencana perjalanan dengannya. Ia kan sudah agak besar, sehingga bisa diajak bicara serta mampu memahami instruksi (asal disampaikan secara sederhana dan tidak berbelit-belit). Beritahu pula padanya untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

• Fokus ke horison. Minta anak untuk melihat ke depan (katakan, bayangkan ada seekor gajah jauuuh di depan sana. Perhatikan terus gajah itu dan jangan biarkan dia hilang dari pandangan). 

• 
Pilih-pilih kegiatan. Ia boleh melakukan apapun selama perjalanan, kecuali membaca buku.


• 
Jangan banyak gerak-gerakkan kepala. Gerakan menengok ke kiri dan kanan akan meningkatkan kemungkinan mabuk berkendara. Jadi, anakperlu menyandarkan kepala pada bantal kepala kursinya. 


• 
Hindari makanan yang bersantan, berbumbu, dan berlemak. Makanan seperti ini gampang merangsang rasa mual (dalam kondisi normal sekalipun). Makanya, jangan biarkan anak Anda mengonsumsinya, baik sebelum maupun selama perjalanan.


• 
Jangan makan banyak-banyak. Biar tidak mual, anak perlu mengurangi porsi makannya. Lebih baik sedikit, tapi sering. 


• 
Siapkan biskuit garing (dry crackers). Minta anak untuk segera memberitahu begitu merasa tidak enak. Pas ia sedang tidak keruan seperti ini, berikan dry crackers. Kalau crackers sudah benar-benar habis, baru deh ia boleh diberi minuman yang mengandung karbonat (saya pribadi sih menganjurkan agar minuman semacam ini dihindari anak). Harus diakui, crackers dan minuman tersebut terbukti cukup ampuh dalam menghilangkan atau meringankan motion sickness.


• 
Hindari asap rokok. Karena, ini hanya akan membuatnya makin mual. Nah, selamat jalan. Have lots and lots of fun.  


     





    Follow Us

    angket

    Most Popular

    Instagram Newsfeed

    @parentingindonesia