Atasi Anak Rewel di Malam Hari

Anak yang sering rewel waktu tidur di malam hari biasanya juga sering rewel saat makan, demikian kesimpulan sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Pediatrics.

Sikap rewel dan susah tidur pada malam hari (behavioral insomnia) umum terjadi pada sekitar 30% anak berusia 6 bulan sampai 3 tahun. Dan ternyata, anak-anak yang rewel pada saat disuruh makan juga persentasenya kurang-lebih sama. Kadar rewelnya pun bervariasi, dari yang ‘sekadar’ pilih-pilih makanan hingga yang sulit sekali makan (hingga mempengaruhi berat tubuhnya).

Penelitian dilakukan terhadap 681 orangtua dari anak-anak sehat berusia 6 bulan sampai 3 tahun di Israel. Hasilnya? Orangtua yang mengeluhkan anaknya menderita behavioral insomnia juga cenderung mengeluhkan anak rewel saat makan. Demikian pula sebaliknya.

Menurut Dr. Riva Tauman, pemimpin penelitian dari Tel Aviv Medical Center, masalah makan dan tidur termasuk hal yang paling sering dikeluhkan orangtua pada dokter anak.

Untuk mengatasi behavioral insomnia, orangtua disarankan menetapkan waktu tidur yang teratur dan melakukan ritual sebelum tidur (misalnya, mendongeng atau membacakan buku), agar anak ‘menyadari’ bahwa sudah waktunya tidur.

Sedangkan untuk mengatasi rewel saat makan, sejak dini kenalkan anak pada berbagai variasi makanan sehat dengan penyajian menarik, serta ciptakan waktu makan yang menyenangkan tanpa gangguan (dengan kata lain, say no to TV, Ma!).

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia