Atasi Sulit Makan Bayam Dan Jagung

Jangan sedih dulu ya, Ma, jika ia tak mau makan bayam dan jagung. Berikut ada tipsnya:

• Salah satu penyebab sulit makan sayur adalah saat pertama kali diperkenalkan pada MP-ASI (Makanan Pendamping ASI). Mereka tidak memperoleh persepsi betapa nikmatnya rasa sayur. Kita terbiasa memberi bayi nasi tim (saring), dimana semuanya dimasukkan atau dihaluskan menjadi satu. 

• Setelah di atas usia 1 tahun, mulai terjadi pemberontakan. Jadi, hal yang penting Anda lakukan adalah mengubah suasana dan menu makanan, sehingga anak benar-benar menikmatinya.

• Berikan bayam secara bertahap diselingi sayuran hijau lainnya. Misalnya, buncis, kangkung, pokcai, dan lainnya. Buat cream corn soup yang kaya aroma bawang Bombay dan bawang daun, lalu tambahkan cincang daging atau ayam yang halus. 

• Ketika ia menolak, jangan memaksa. Saat senggang, berceritalah tentang sayur dan buah, badan yang sehat dan kuat, tulang yang kokoh, atau ciptakan tokoh idola. Yang pasti, pada anak seusianya, sebaiknya hindari berbagai bentuk 'ceramah' dan nasihat. 

• Prinsip utama dari makan sehat seimbang adalah menu yang colourful. Semakin bervariasi makanan kesukaannya, semakin bagus untuk si kecil. Sebaiknya, Anda tidak terpaku pada jagungnya, melainkan memperkenalkannya pada beragam sayur, baik yang hijau, putih, kuning, oranye, hingga merah. (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia