Atur Pola Makan Balita Anda

Batita Anda memiliki nafsu makan yang besar? Atur pola makannya ya, Ma. Aktivitas fisik batita tidak terlalu menuntutnya untuk mendapat asupan kalori lebih banyak. Risikonya, anak akan mengidap masalah makan atau obesitas.

Untuk mencegahnya, kata Dr. Lynn McIntyre, profesor di bidang nutrisi dari University of Calgary, Kanada, orang tua harus membantu anak belajar mengatur nafsu makan berdasarkan sinyal-sinyal yang disampaikan tubuhnya. Caranya adalah:

- Makan ketika lapar. Jika kelihatannya anakminta makan hanya karena bosan, lelah, atau tegang, bantulah dia menemukan cara lebih baik untuk menghadapinya. Misalnya dengan menga-jar bicara, bercanda, menyanyi, dll. Lebih baik, mulailah mengajari sebelum dia minta makanan.

- Jangan gunakan makanan sebagai hadiah, suap, atau alat penenang. Jika Anda memerlukan sesuatu untuk menyulut semangat si kecil, lebih baik gunakan mainan atau pujian yang bisa membesarkan hatinya.

- Tepati jadwal makan. Anak-anak yang terlalu lapar biasanya akan makan jauh lebih banyak daripada porsi normalnya.

- Berikan contoh baik. Anak-anak akan mengikuti contoh yang dilihatnya sehari-hari. Jika Anda terbiasa ngemil sepanjang waktu, jangan heran bila anakpun melakukannya.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia