Aturan Balita Jejalahi Dunia Maya

Kami tahu kalau Anda selalu rajin mengajarkan anak tentang bagaimana caranya hidup aman dan menghargai berbagai hal yang ada di dunia sekelilingnya. Hanya saja, Anda mungkin melupakan sesuatu: dunia maya.

Orang tua bisa dan sebaiknya mulai mendidik anak sejak dini seputar caranya menjelajahi internet, mengeksplorasi tablet, dan handphone serta berbagai masalah yang mungkin timbul dari teknologi ini, kata Gwenn O’Keeffe, M.D., dokter anak, penulis CyberSafe, dan juga anggota dari Parenting advisory board.

“Ini tidak ada bedanya, kok, dengan kita mengajari anak untuk tetap aman dalam dunia nondigital,” kata Dr. O’Keeffe.

Berikut saran dr. O'Keefe mengenai memperkenalkan cara aman anak ber-online:

- Gunakan komputer bersama anak Anda. Katakan padanya melalui berbagai pengalaman yang pernah dialami. “Mama sedang mengirim pesan ke Oma” atau “Mama sedang chatting sama tante Sarah.” Katakan lagi, meski Anda berada di depan komputer, sebenarnya Anda sedang berinteraksi dengan orang lain yang benar-benar nyata.

- Tunda dulu pembicaraan tentang predator online yang menyeramkan. “Anak-anak usia ini masih terpaku pada dunia fantasi.” Jadi, tetaplah pilih games atau situs yang sesuai kelompok usia si kecil. Jika ia sudah berusia 7 – 9 tahun, Anda bisa memperkenalkan topik yang lebih mendunia.

- Jangan terima apa adanya. Karena gadget yang berteknologi tinggi bisa didapat di mana-mana sekarang ini, dan anak-anak bisa memperolehnya dengan cepat, Anda cenderung berpikir bahwa anak akan dengan mudah memecahkan berbagai hal sendiri.

Tidak, Ma! Seperti halnya kalau kita mengajarkan pada anak untuk melihat ke kiri dan kanan saat menyeberang jalan, Anda perlu juga memberitahu rambu-rambu yang perlu diperhatikan agar mereka tetap bisa ber-online secara aman.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia