Aturan Memakai Carseat

Jika Anda memiliki mobil, mungkin Anda satu dari banyak orangtua yang tidak bisa membuat anak duduk sesuai dengan aturan berlaku.

Aturan mengenai keselamatan duduk di carseat telah diberlakukan lebih dari setahun. Sebagai hasil dari oran gtua tidak menaati regulasi ini, studi terbaru telah dikeluarkan.

Yang mengejutkan, berdasarkan hasil dari Universitas Michigan, 97 persen anak berusia 1-3 tahun tidak duduk di carseat sesuai aturan. Penelitian dilakukan pada lebih dari 22.000 anak dan membandingkan observasinya dengan cara penggunaan carseat yang aman yang disarankan American Academy of Pediatric (AAP).

Terakhir, AAP merekomendasikan bahwa:

- Anak di bawah 2 tahun harus duduk di kursi jenis rear-facing seats (posisi carseat menghadap belakang), kecuali mereka telah melebihi tinggi atau berat kursi tersebut.

- Anak usia di atas 2 tahun yang melewati batas tinggi atau berat rear-facing seats harus duduk di front-facing seats (menghadap depan) sampai berat dan tingginya mencapai kapasitas tempat duduk.

- Anak tidak boleh duduk di kursi depan sampai umurnya 13 tahun

Jika aturan AAP membingungkan bagi Anda, pertimbangkan: kecelakaan mobil menjadi penyebab pertama kematian pada anak usia 1-3 tahun di AS. Lebih dari 40,000 anak berakhir di UGD setiap tahun karena kecelakaan mobil. Peneliti berkata angka tersebut bisa dikurangi jika aturan AAP diikuti. (Penulis: Cheryl Pricilla Bensa/foto: dok. Feminagroup)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia