Balita Ada Benjolan, Berbahayakah?

Benjolan di belakang kepala berbeda dengan benjolan di payudara ya, Ma.

• Benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening. Semua manusia diperlengkapi dengan kelenjar getah bening, karena merupakan salah satu benteng pertahanan agar tidak mudah jatuh sakit. 

• Kelenjar getah bening akan membesar, bila 'daerah wilayahnya' terinfeksi. Misalnya, infeksi tonsil akibat kuman streptokokus pada anak di atas 4 tahun yang demam tinggi tanpa batuk pilek, akan menyebabkan kelenjar getah bening di leher di bagian bawah rahang bawah membesar. 

• Lalu, mengapa sering teraba kelenjar getah bening di belakang kepala bayi dan batita? Karena mereka memang 'sering' sakit. Bolak-balik demam, batuk pilek (selesma alias common cold dan influenza). Jadi, kelenjar getah bening di belakang kepala dan di belakang telinga bisa teraba membesar. Kelak, di usia di atas 6 tahun, daya tahan tubuh anak semakin kuat. Anak pun jarang sakit dan Anda tak lagi bisa meraba kelenjar getah bening tersebut.

• Anda tidak perlu ke dokter khusus dan tidak perlu cemas, karena kondisi ini tidak berbahaya. Saat kontrol dan konsultasi tumbuh kembang anak, diskusikan dengan dokter. Tanyakan apakah benar kelenjar getah beningnya membesar. Anak tidak perlu pantang makanan tertentu (hindari saja makanan yang tidak menyehatkan). (Foto: dok. Feminagroup.)


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia