Bantuan Masalah Bicara untuk Batita

Ketika batita Anda mulai ngomong, ia akan menangkap isyarat-isyarat—dan dorongan—dari bagaimana Anda mendengar dan merespons sesuatu. Ini amat penting jika ia punya kebiasaan ketika berbicara, seperti ngomongnya nggak jelas atau gagap, yang seringkali kedengarannya normal bagi pembicara-pembicara baru. Berikut tip dari Dorothy Dougherty, speech pathologist dan penulis Teach Me How to Say It Right


• Bicara pelan-pelan. Anak Anda lebih gampang meniru Anda, serta akan melakukan yang terbaik kalau tidak ‘ditekan’ untuk mengikuti tuturan yang terlalu cepat.
• Jangan interupsi. Bikin frustasi lho bila anak harus menunggu untuk menumpahkan seluruh unek-uneknya. Tapi, ia tidak akan belajar sebanyak jika Anda mengatakannya pada si kecil.
• Jadilah pendengar yang baik. Ini berlaku untuk siapapun, kontak langsung mata (kalau perlu, Anda berjongkok hingga tingginya sama dengan anak) serta nada suara yang menarik adalah kunci untuk mendorong anak rajin bercuap-cuap.
• Jangan harapkan perubahan. Memberitahu anak untuk pelan-pelan atau berpikir sebelum ngomong bisa membuatnya bingung,

Kebanyakan masalah bicara cenderung hilang dengan sendirinya. Namun, bila Anda agak curiga, tanyakan pada dokter anak Anda tentang kemungkinan dirujuknya anakl ke speech pathologist.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia