Benda Asing di Mata Anak

Suatu hari, si kecil menangis dan mengucek-ucek matanya. “Ada yang masuk, Ma!” Anda mungkin berpikir air mata anak Anda mungkin saja akan segera menyingkirkan kotoran itu. Namun, untuk cepat-cepat mengakhiri rasa tidak nyamannya, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

1. Periksa mata anak
Cuci tangan bersih-bersih lalu gunakan jempol Anda untuk secara perlahan-lahan membuka dan menahan kelopak mata atas dan bawahnya. Minta anak untuk melihat ke kiri, kanan, atas dan bawah. Jika Anda melihat sesuatu, katakan padanya untuk mengedip dengan cepat selama beberapa kali. Secara alami cairan mata akan membilas benda asing itu.

2. Cuci mata
Caranya, basuh mata si kecil. Tidak perlu dengan cairan khusus pencuci mata, boleh juga kok, dengan air biasa. Asal, kebersihan air yang Anda gunakan itu terjamin. Jika benda asing itu berada di bagian putih mata, pelan-pelan singkirkan dengan kain basah. Hindari menggosok-gosok atau ‘menyeret’ benda tersebut ke seberang mata.

3. Tenangkan anak
Setelah benda asing disingkirkan, mata anak mungkin agak iritasi selama 10 sampai 15 menit. Taruh waslap basah yang dingin di atas matanya agar terasa nyaman, ujar Michael Redmond, M.D., ahli mata anak di Pensacola, Florida, AS.

Bila Anda tidak dapat menyingkirkan kotoran itu, iritasi bisa berlanjut hingga besoknya, dan mata si kecil akan mulai berair. Sebaiknya, segera temui dokter mata ya, Ma.

Baca juga: Mungkinkah Bayi Memakai Kacamata

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia