Berkendara Aman dengan Anak

Ingin bepergian dengan anak secara aman? Berikut beberapa tips ala Dodi Budiono, pemerhati dan praktisi safety driving, yang bisa Mama praktikkan:

1. Posisi sabuk pengaman
Ketika berkendara, posisi sabuk pengaman harus tepat. Seperti apa? Tali bagian atas harus pas jatuhnya, yakni di tulang selangka bahu, melewati bagian tengah dada, dan di posisi bawah jatuhnya di tulang panggul.

Tulang selangka dan tulang panggung merupakan bagian tulang paling kokoh dari tubuh manusia, sehingga akan kuat menahan bila terjadi hentakan yang keras.

2. Saat berkendara
- Ketika anak masih kecil, selalu bawalah mainan favoritnya. Setelah agak besar, berilah ia console games (seperti PSP atau PlayStation Portable atau Game Boy). Bisa juga, Anda membawa buku-buku komiknya. Begitu bosan, perhatiannya akan cepat teralihkan.

- Putar VCD kesayangan anak di head restrain atau sandaran kepala kursi depan. Jika perlu, bawa beberapa buah.

- Ajak anak berkendara tak lebih dari 2 jam. Lebih dari itu biasanya anak akan rewel. Bila jarak perjalanan yang akan ditempuh cukup jauh, sebaiknya berhenti setiap 2 jam. Biarkan ia keluar mobil selama 15 menit. Setelah itu, barulah Anda lanjutkan lagi perjalanan.

- Wajib pakai sabuk pengaman. Jadi, pastikan anak selalu mengenakannya secara tepat dan merasa nyaman. Juga, sejak dini, jangan pangku anak, melainkan taruhlah di car seat. Tetap kenakan sabuk pengaman, meskipun duduk di belakang.

3. Amankan mobil di rumah
- Masukkan mobil ke garasi dengan cara dimundurkan, sehingga posisi mulut mobil ke arah depan rumah. Posisi ini membantu Anda mengeluarkan mobil, terlebih di pagi hari yang biasanya serba terburu-buru.

Saat memasukkan mobil dengan cara mundur, biasanya selalu ada yang membantu. Misalnya, pasangan, pembantu, dll. Dengan demikian, blind spot atau jarak pandang terbatas saat memundurkan bisa diatasi.

- Jangan memanaskan mobil di garasi. Keluarkan dulu mobil, ya. Mobil-mobil keluaran tahun 2000 ke atas biasanya memerlukan maksimal 1 menit untuk dipanaskan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia