Bila Kepala Anak Terbentur

Ada saja kejadian anak terjatuh atau terbentur tembok, sehingga menyebabkan kepalanya benjol. Apakah Anda harus membawanya ke dokter? Ataukah, ia hanya memerlukan sekantung es batu, ibuprofen, dan pelukan untuk menyembuhkan lukanya?

Baca panduannya di bawah, ya, Ma.

• Size doesn’t matter. Benjol sebesar telur bukan berarti cederanya serius. Yang harus Anda perhatikan justru adalah gejala yang muncul setelah benturan, seperti sakit kepala, mual dan muntah, tidur terus, sensitif terhadap cahaya, tidak bisa berkonsentrasi, pandangan kunang-kunang, atau perubahan perilaku lainnya.

Demikian dikatakan Michael L. Nance, M.D., director of the trauma program di The Children's Hospital of Philadelphia, AS. Jika anak menunjukkan satu saja dari perilaku yang telah disebutkan di atas, bawa ia ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

• Ya, benturan atau pukulan yang keras memang dapat menyebabkan cedera pada otak atau gegar otak. Tapi, kerusakan ini biasanya bersifat sementara. Tak usah khawatir, dengan perawatan dari dokter, si kecil akan sembuh, kok.

• Butuh waktu sampai 10 hari untuk pulih dari gegar otak. Jadi, jaga si kecil agar tak melakukan aktivitas fisik yang melelahkan selama beristirahat, ya.

• Hindari ia dari cedera yang sama selama beberapa waktu, karena benturan kedua di tempat yang sama biasanya akan memberi kerusakan yang lebih serius. 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia