Bolehkah Obat Herbal Dicampur Obat Kimia?

Amankah jika obat tradisional atau herbal dikonsumsi bersamaan dengan obat resep dokter? Jawabannya, menurut Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, Sp.F(K), dosen sekaligus peneliti di Departemen Farmakologi dan Terapeutik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, tergantung pada kandungan atau senyawa dalam tanaman.


Penggunaan obat tradisional memang bisa sejalan dengan obat yang diresepkan dokter. Dr. Wati mengungkapkan, yang perlu Anda lakukan adalah berbicara dengan dokter anak ketika Anda memutuskan memberi obat tradisional bersamaan dengan obat dokter.


“Jika obat tradisional tersebut tidak berkontra indikasi dengan obat resep, dokter akan mengizinkannya. Bukan hanya itu, dokter juga akan menyesuaikan jadwal antara pemberian obat tradisional dengan obat resep.”


Meski penggunaan obat tradisional sudah menjadi kebiasaan pada beberapa mama, ada kondisi dan hal-hal tertentu di mana obat-obatan tradisional sebaiknya tidak lagi menjadi andalan, terutama pada anak-anak. “Jika panas tidak turun-turun dalam waktu tiga hari, batuk pilek semakin parah, serta anak sesak napas, sebaiknya segera dibawa ke dokter,” kata Dr. Wati. 


Peringatan ini diketahui benar oleh Shinta Swasti, mama satu putri yang tinggal di Bintaro. Meski kerap mengandalkan cara-cara alami untuk mengatasi berbagai penyakit ringan, ia tetap akan membawa anaknya ke dokter jika sakitnya semakin parah dan tidak lagi terobati dengan obat tradisional. “Selama anak masih aktif dan mau makan, saya sih memilih untuk tidak pergi ke dokter,” kata Shinta.


Baca juga: Perlukah Si Kecil Mendapat Antibiotika?


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia