Cara Hadapi Anak Kasar

Beberapa teman menganggap perilaku anak terlalu kasar. Bagaimana menghadapinya?

Anak perlu mengenal lebih banyak orang. Jika ia terus menerus bertanya mengapa temannya tidak pernah mengajaknya bermain lagi, itu karena tidak ada orang lain yang dikenalnya lagi.

Langsung jelaskan saja apa definisi tentang bermain kasar. Bila Anda merasa anak tetanggalah yang sebenarnya terlalu sensitif, ya, lupakan saja.

Namun, jika anak mulai merampas mainan, memukul dengan keras, bersikap bossy terhadap anak lain, dan berperilaku tidak sopan, ia harus belajar lagi bagaimana caranya memenangkan hati teman-temannya dan memengaruhi orang dewasa yang ada di sekelilingnya.

Minta dia bermain dengan anak yang lebih kuat darinya, seperti sepupunya. Begitu ia berperilaku kasar, ingatkan padanya: “Kalau kamu mau tetap bermain, ya, jangan memukul teman kamu.” Tetaplah bersikap konsisten dan tegas, sehingga akhirnya anak mengerti bagaimana caranya bermain dengan anak lain.

Anda bisa mengatakan pada tetangga bahwa anak sudah tahu, kok, caranya bermain yang benar dan ingin bermain lagi dengan anaknya. Bisa jadi, tetangga akan memberi si kecil kesempatan lagi.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia