Cara Kenalkan Uang Pada Anak

Menurut Valentino Dinsi dan Laura Khalida dalam buku mereka Mengajari Anak Berbisnis, anak sudah mulai bisa diajari tentang uang begitu mereka mulai sekolah. Jadi, karena di usia antara 3-5 tahun anak sudah mulai sekolah, inilah saat yang terbaik untuk mengenalkan uang padanya.

Berikut caranya:

- Mulailah dengan nilai nominal terkecil, berupa uang logam 500 rupiah, lalu seribu rupiah, dua ribu rupiah, lima ribu rupiah, hingga sepuluh ribu rupiah, dan seterusnya. Ia jadi sekalian belajar berhitung, kan?

- Mulailah dari hal-hal sederhana. Contoh, ketika anak minta uang untuk beli sesuatu, misalnya membeli es krim, gunakan kesempatan ini untuk memberikan informasi yang tepat. Mintalah anak bertanya pada penjualnya, berapa harga es krim yang akan ia beli. Setelah itu, serahkan padanya uang untuk membayar es krim tersebut.  Bila ada kembaliannya, sebutkan jumlah uang kembalian yang harus ia terima. Bila ia belum mengerti, ajak ia bersama-sama membayar dan menghitung uang kembaliannya. Lewat cara seperti inilah, anak akan paham uang itu punya “nilai” dan bisa dipakai untuk membeli sesuatu.

- Lakukan secara bertahap, dan lihat apakah anak sudah paham atau belum. Anda bisa mengecek hal ini dengan memintanya membayar sesuatu di kasir saat ia ikut berbelanja bersama Anda di supermarket, dan menghitung uang kembalian apakah sudah sesuai. Jika ia sudah bisa melakukannya, itu artinya ia sudah paham akan besar kecilnya nilai uang. Jika ia masih bingung, bersabarlah, Ma. Anda hanya perlu memberinya sedikit waktu lagi. (Foto: dok.Feminagroup.)

 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia