Cara Mengontrol Asma Anak

Anak mengidap asma?  Ini caranya mengontrol asma pada anak:

Pertama, minta dokter Anda untuk menuliskan asthma action plan, yang berisi evaluasi mengenai asma yang diderita anak. Misalnya, berapa kali mengalami serangan dalam sehari, apakah gejalanya membaik setelah diintervensi, dll. Nantinya, hasil dari evaluasi tersebut akan dipakai sebagai panduan bagi dokter untuk mempertimbangkan apakah obat anak perlu ditambah atau malah dikurangi.

"Di Indonesia, belum ada asthma action plan baku yang berlaku, sehingga penanganan setiap dokter dan rumah sakit bisa berbeda-beda. Namun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) berpedoman pada alat kontrol berbentuk kuesioner yang dikeluarkan Global Initiative for Asthma (GINA). Juga, orangtua pasien sebaiknya browsing di internet atau membaca literatur mengenai asma, mengikuti sharing atau group discussion antar orangtua anak penderita asma, atau menghadiri seminar-seminar yang diadakan IDAI,” kata dr. Endah Citraresmi, Sp.A, dokter anak spesialis alergi dan imunologi, dari RS Kemang Medical Care, Jakarta.

Kedua, hindari pencetus asma. “Pada anak-anak, sebagian besar asma diakibatkan alergi. Nah, hindari saja kontak langsung antara anak dengan alergennya,” kata dr. Endah.
 
Ketiga, temukan pengobatan yang paling cocok bagi si kecil. Obat asma terdiri dari golongan bronkodilator dan kortikosteroid sistemik. Obat yang paling efektif adalah obat yang dihirup, karena efeknya langsung ke paru-paru si kecil. Obat yang bisa dihirup (inhaler) bisa digunakan sendiri oleh anak yang berusia di atas 6 tahun.

Hanya, dalam penggunaannya, mereka tetap wajib melapor pada orang dewasa terdekat. “Sebaiknya, semua anggota keluarga, termasuk asisten rumahtangga, dan guru di sekolah mengetahui cara penggunaannya. Selain sebagai pengawas, intensitas penggunaan inhaler ini juga penting untuk dicatat dalam asthma action plan,” saran dr. Endah.     

Asma seharusnya memang bukan dianggap sebagai penyakit yang menakutkan. Asal kita tahu cara mengendalikannya, anak bisa kok, hidup secara sehat dan normal.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia