Cara Mudah Lindungi Anak dari Kecelakaan

Berapapun umur si kecil, Anda tentu ingin selalu melindunginya. Namun bahaya yang paling umum menghadang anak akan berubah seiring penambahan usia. Jadi strategi perlindungan Anda juga harus berubah.

Kenali strategi melindungi anak sesuai usianya:

Usia: 0 sampai 2 bulan
Risiko: Terjatuh, terutama dari tempat ganti popok dan alat gendong depan.
Pencegahan: Jangan pernah meninggalkan bayi tanpa pengawasan pada permukaan yang tinggi. Pasang pengaman ketika anak digendong.

Usia: 2 sampai 5 bulan
Risiko: Dipukul dan mengalami sindroma mengguncang-guncang bayi
Pencegahan: Pastikan siapapun yang mengurus si kecil tahu bahwa mengguncang-guncang bayi – meski ‘cuma sedikit saja’ – bisa menyebabkan cedera yang serius atau fatal.

Usia: 6 sampai 8 bulan
Risiko: Terjatuh dari perabotan rumah
Pencegahan: Kini, bayi sudah bisa pintar berguling-guling dan merangkak. Makanya, awasi ranjang, sofa, atau permukaan tinggi lain. Tebakan terbaik: lantai juga.

Usia: 8 sampai 11 bulan
Risiko: Menelan benda-benda asing dan tersedak
Pencegahan: Hindari anggur; potong makanan kecil-kecil, dan masak makanan sampai lunak. Jauhkan benda-benda kecil (uang logam, klip kertas, atau mainan anak lebih besar dengan bagian-bagian yang kecil) dari jangkauan anak.

Usia: 12 sampai 17 bulan
Risiko: Terkena cairan panas dan tenggelam
Pencegahan: Balita bisa menjatuhkan makanan panas dari meja rendah. Jadi, begitu ia mulai merambat perabotan di ruang keluarga, ‘bersihkan’ seluruh permukaan. Awasi setiap kali ia berada di sekitar air: bak mandi, ember, kolam kecil.

Usia: 11/2 sampai 3 tahun
Risiko: Keracunan obat
Pencegahan: Bila mungkin, minta obat yang tutupnya tidak bisa dibuka anak (child-proof caps). Simpan obat-obatan jauh dari jangkauan anak-anak.

Usia: 3 sampai 4 tahun
Risiko: Kecelakaan mobil, baik di jalan maupun jalur masuk mobil di halaman rumah
Pencegahan: Hati-hatilah di sekitar jalur masuk mobil di rumah: Jika mungkin, ada orang dewasa lain yang memastikan bahwa anak benar-benar jauh dari tempat Anda memasukkan atau mengeluarkan mobil. Periksa car seat si kecil dan pastikan terpasang dengan benar.

Baca juga: Pertolongan Pertama Bila Anak Jatuh

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia