Cara Olah Bahan Makanan untuk MPASI

Selain memilih bahan makanan yang tepat, mama juga harus mengolah bahan makanan untuk MPASI dengan tepat supaya kandungan gizinya tidak hilang. 


Yang pasti Anda harus mencuci bahan yang telah dipilih dengan air mengalir dan bila perlu kupas kulitnya apabila bahan makanan itu mempunyai kulit yang keras. Saat memasak, gunakan sedikit air dan jangan terlalu matang supaya kandungan vitaminnya awet.


Lebih baik tidak menambahkan gula dan garam. Selain untuk melatih bayi mengenal aneka rasa bahan makanan, bayi juga sudah mempunyai saraf perasa yang sempurna.


Pada awal pemberian, hancurkan makanan dengan cara di-blender atau digiling. Jika bayi sudah punya gigi dan dapat mengunyah makanan lembut, Anda bisa memberikan makanan yang dicincang. Kalau makanan yang Anda buat ternyata terlalu banyak, bekukan makanan yang telah disiapkan di rak pembuat es agar bisa digunakan pada jam makan selanjutnya.


Bila akan digunakan kembali, cairkan makanan beku dengan cara meletakkannya di dalam wadah yang lebih besar berisi air panas. Atau, bisa juga dengan mengukusnya. Tak perlu khawatir kandungan nutrisi MPASI akan berkurang selama makanan tersebut tidak Anda panaskan langsung di atas api.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia