Catatan untuk Pengasuh Anak

Tidak mudah mengasuh anak yang berumur di bawah lima tahun. ia haruslah orang yang terampil dan bisa diandalkan. Ia juga harus memahami kebutuhan anak, sabar, namun tetap bisa menegakkan disiplin yang Anda terapkan. Berikut panduan berupa catatan untuk pengasuh balita Anda.


- Taati jadwal anak. Rutinitas sangat penting untuk membuat anak merasa aman. Jadi, mematuhi jadwal bermain, makan, istirahat, dll adalah suatu keharusan. Meski begitu, fleksibilitas atau perubahan tetap dimungkinkan bila diperlukan. Tapi ia harus minta izin dulu pada Anda.

-  Ketahui cara menghadapi situasi darurat. Ia harus memberi pertolongan pertama pada kecelakaan, dan sigap menghubungi nomor darurat (termasuk nomor Anda).

-  Tegakkan aturan yang Anda tetapkan untuk anak di rumah. Termasuk hukuman yang bisa diberikan bila anak melanggar aturan, seperti time out, pengurangan waktu bermain, dll. Mintalah agar babysitter melakukan pendekatan untuk membujuk anak mentaati peraturan, dan hanya memberi ‘hukuman’ atas pelanggaran sebagai pilihan terakhir.

-  Ciptakan kegiatan yang mengasyikkan bagi anak. Mintalah pengasuh berkreasi dengan ide baru, atau mengajak anak melakukan kegiatan, seperti mewarnai, menyusun puzzle, dll.

-  Beritahu pantangan apa saja yang tak boleh 

dilanggar anak. Misalnya, anak tak boleh makan kacang karena alergi. 

-  Satu hal lagi yang tak boleh pengasuh langgar adalah meninggalkan anak tanpa ada yang menjaga. Jadi, kalau harus ke toilet atau ada keperluan mendadak yang membuatnya harus meninggalkan anak, ia bisa meminta bantuan pembantu untuk menjaga sebentar.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia