Cegah Kecelakaan di Garasi Rumah

Basanya tragis mendapati berita anak-anak tertabrak mobil di depan rumah, bahkan dalam garasi rumahnya sendiri.

Tubuh anak yang kecil, dan kebiasaan anak senang berlari-lari, membuat pengemudi mobil seringkali tidak menyadari kehadirannya di belakang mobil, terutama ketika mobil berjalan mundur.

Berikut saran dari perkumpulan mama ‘Mother Driven’ di Australia untuk menghindari kecelakaan seperti ini terjadi di rumah Anda :

- Biasakan untuk mengelilingi mobil yang terparkir sebelum duduk di belakang kemudi untuk memastikan situasi sekitar dengan seksama.

- Jangan berasumsi Mama tahu di mana anak sedang berdiri. Selalu lihat dan pastikan.

- Lakukan hal sama untuk anak-anak tetangga sebelah rumah, pastikan Anda melihat tidak ada siapapun di belakang mobil.

- Matikan radio di dalam mobil, ponsel dan apapun yang mengganggu konsentrasi Anda. Turunkan kaca saat mobil bergerak mundur agar Anda bisa mendengar suara di luar.

- Sesaat setelah menyalakan mobil, bergeraklah perlahan, terutama ketika mundur.

- Jangan biarkan anak-anak bermain di depan garasi rumah Anda maupun rumah tetangga. Meskipun ada orang dewasa di sekitarnya, terkadang anak terlalu asyik bermain dan tidak mendengar panggilan orang lain.

- Jika saat Anda hendak bepergian dan anak tidak diajak, pastikan pintu rumah tertutup atau ada orang dewasa yang menjaganya dari berlari ke arah mobil Anda.

- Jika Anda mengajak anak di dalam mobil, pastikan mereka sudah duduk rapi di dalam carseat ataupun terikat sabuk pengaman. Kunci pintu-pintu mobil sebelum bergerak. (Penulis: Fina Khairaty/Foto: dok Feminagroup)

Baca juga: 7 Kesalahan Mama Saat Menyetir

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia