Cermat Pilih Mainan Anak

Jika prinsip seputar mainan dalam keluarga Anda adalah ‘makin banyak, makin baik’, ini saatnya untuk mengubahnya.

Hasil penelitian terbaru menyarankan, jika Anda memiliki kesempatan untuk memilih mainan untuk anak, berikan ia mainan yang bisa membuatnya beraktivitas lebih menyehatkan.

Penelitian yang dilakukan di University of Buffalo, AS, menemukan bahwa anak yang diberi kesempatan untuk memilih 3 mainan untuk dimainkan, biasanya aktivitas fisiknya akan meningkat hingga 95%.

Kuncinya adalah, menurut para peneliti, menawarkan berbagai variasi mainan yang akan mendorong anak untuk bergerak, seperti bola basket mini atau lompat tali. “Dan, kami menemukan, anak perempuan bisa dilibatkan untuk melakukan aktivitas fisik dengan jumlah yang sama seperti anak laki-laki. Caranya, beri ia lebih banyak pilihan mainan yang membuat mereka aktif bergerak,” kata ketua peneliti, Denise Feda, Ph.D.

Mainan –bukan hanya mainan olahraga atau edukasi—memiliki manfaat lain. “Mainan bisa meningkatkan kemampuan berbahasa, membantu anak mengekspresikan emosi, serta meredakan kegelisahan yang dirasakan,” kata Kathy Hirsh-Pasek, Ph.D., direktur dari Temple University Infant Language Laboratory di Philadelphia, AS.

OK, berarti saatnya pergi ke mal untuk membeli mainan! Tapi tunggu–bedakan antara mainan yang bervariasi dan menumpuk mainan, ya, Ma! 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia