Dampak Tidak Jaga Postur Tubuh

Sejak kecil, anak harus dibiasakan selalu dalam posisi tubuh yang benar dan tidak membawa tas atau barang bawaan yang terlalu berat agar pertumbuhan tulang belakangnya tidak terganggu. Apabila tidak diperhatikan sejak dini, akan ada beberapa dampak buruk yang dialami anak jika tidak menjaga postur tubuhnya, yaitu:

1. Kelainan pertumbuhan tulang. Ada beberapa jenisnya mulai dari skoliosis yaitu tulang belakang berbentuk huruf s, lordosis yaitu tulang belakang bengkok pada punggung bagian bawah dan pantat menonjol, kifosis yaitu tulang belakang bungkuk dan punggung tampak melengkung, serta osteoporosis yaitu kelainan pada tulang yang mengalami pengeroposan dan rapuh.

2. Penyakit Tuberculosis (TBC) Tulang, yaitu penyakit nyeri pada tulang punggung dan kerusakan sendi yang menginfeksi tulang.

3. Kelainan Osteoarthritis. Kelainan  atau pengapuran pada sendi. Pemicunya karena beban pada tubuh tidak dibagi sama rata atau satu sisi mengalami tekanan yang lebih besar.

4. Gangguan pernapasan. Ekstremnya, dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan yang disebabkan paru-paru dalam kondisi tertekan. Membungkuk atau duduk dengan postur tidak benar dapat menekan diafragma dan paru-paru sehingga membuat sulit bernapas.

5. Sisi psikologis. Tubuh yang bungkuk dan tidak terlihat tinggi dapat menyebabkan anak merasa minder dan tidak percaya diri di depan teman-teman seusianya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia