Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Diagnosis Anak Berkebutuhan Khusus

Diagnosis dari anak berkebutuhan khusus memang sangat subjektif sifatnya.


Tidak ada tes jaringan atau darah untuk mendeteksi apakah anak mengalami autisme (masalah perkembangan pada anak yang ditandai dengan masalah pada interaksi sosial timbal balik, komunikasi, dan pola tingkah laku repetitif dan minat yang sempit), gangguan bipolar (gangguan jiwa yang ditandai perubahan suasana hati, pikiran, energi, dan perilaku yang dramatis), ADHD (gangguan yang ditandai dengan kesulitan memusatkan perhatian, kesulitan menahan, atau kesulitan mengendalikan keinginan, dan mengendalikan gerakan), dll.


“Gangguan ini memang ada, namun diagnosis yang dilakukan seorang profesional, seperti dokter atau psikolog, sekalipun mungkin saja salah,” kata Scott Shannon, M.D., psikiater anak, founder Wholeness Center di Fort Collins, Colorado, dan penulis Please Don’t Label My Child. Biasanya, orang tua langsung mengisi pertanyaan saat assessment.


“Ada ‘jutaan’ pertanyaan, dan semuanya kelihatan berulang,” kata Christine Utoro, mama yang tinggal di Tangerang. “Bisa jadi, diagnosisnya Andrew terjadi akibat jawaban yang saya berikan. Misalnya, apakah Andrew ‘marah dan frustasi’ atau apakah ia ‘menunjukkan kefrustrasiannya dengan cara yang agresif’?


Ketika diagnosis seperti ADHD dicap pada suatu folder, menurut Dr. Shannon, orang tua dan para profesional akan berhenti mencari solusi lain. Dan ketakutan terbesar para orang tua adalah guru anakakan melihatnya sebagai penderita ADHD, bukan sebagai anak. Ia percaya bahwa ada banyak cara untuk membantu anak ini.


“Begitu anak dilabel, orang tua menerima bahwa ada sesuatu yang ‘salah’ dengannya dan cenderung memilih pengobatan sebagai jalan keluar.”




   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+