Dorong Kemampuan Motorik Balita

Beberapa tip ini akan mendorong kemampuan motorik anak Anda. 


Lempar tangkap bola. Di usia setahun, ia sudah bisa menendang bola. Tapi, ajaklah ia bermain dengan bola yang berukuran kecil dulu. Ia juga bisa Anda ajak bermain lempar tangkap bola (meski tangkapannya masih sering meleset dan lemparannya tak mencapai sasaran). 


Aku bisa memanjat! Jangan heran, kalau kursi bisa menjadi obyek yang sangat menantang baginya untuk memanjat. Begitu pula dengan anak tangga, atau bahkan lemari pajangan sekalipun. Sering-seringlah mengajaknya ke taman. Beberapa peralatan di sana bisa mengasah kemampuannya untuk memanjat.


Menari. Anda bisa mengeksplorasi aneka gerakan untuk membuatnya ikut menggoyangkan tubuh. Jangan lupa, pasang musik yang membuatnya lebih bersemangat.


Latihan keseimbangan. Taruh mainan di hadapannya dan mintalah ia memungut mainan itu. Latihan jongkok dan berdiri akan melatih keseimbangan tubuhnya. Anda juga bisa mengajaknya bermain gelembung-gelembung sabun. Mintalah ia mengejar dan menangkap gelembung besar yang Anda tiup! 


Masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama. Yang penting, ia melatih gerakan tangan, kaki, dan keseimbangan tubuhnya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia